Sabtu, 23 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Badan Kesbangpol Bahas Pemetaan Konflik Aceh

  • Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh membahas hasil studi yang dilakukan peneliti Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry tentang pemetaan jenis dan sumber konflik di Aceh. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Rasamala Setui Banda Aceh itu bertujuan agar hasil dari studi itu menjadi referensi bagi Pemerintah Aceh dan Direktorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Kemendagri) sebagai bahan pengambilan kebijakan dan keputusan.

    Panitia Pelaksana, Drs Zulkifli Pardan kepada Serambi, disela-sela kegiatan tersebut, Kamis (12/12), mengatakan, acara itu merupakan kegiatan Kemendagri yang dikelola Kesbangpol dan Linmas Aceh bekerja sama dengan UIN Ar-Raniry. “Data yang dikumpulkan melalui studi selama empat bulan dari tim peneliti UIN Ar-Raniry inilah yang kita bahas,” ujarnya.

    Hadir dalam kegiatan itu dua team leader peneliti dari UIN Ar-Raniri yaitu Chairul Fahmi MA dan Masrizal Msc. Hadir juga dua narasumber dari unsur akademisi yaitu Dr KamaruzzamanBustamam Ahmad dan Wiratmadinata SH MH.

    Menurutnya, pemetaan jenis dan sumber konflik di Aceh penting dilakukan supaya mempermudah penanganannya. Hal yang ditekankan dalam diskusi tersebut adalah pemetaan jenis dan sumber konflik Aceh setelah MoU Helsinki dan terbentuknya UUPA, bukan mengenai konflik Aceh.

    Dari presentasi studi yang dipaparkan peneliti, beberapa jenis konflik yang timbul setelah MoU dan UUPA di antaranya konflik lahan/Sumber Daya Alam antara pengusaha dan masyarakat, konflik politik, konflik regulasi (UUPA, qanun, PP) antara Pemerintah Aceh dan Pusat, konflik sumber daya ekonomi, dan konflik aliran agama (isu pendangkalan akidah).

    “Karenanya penelitian dan diskusi ini ditujukan agar lebih mudah mengetahui potensi dan faktor konflik di daerah khususnya di Aceh. Sehingga dapat dicari solusi meminimalisir agar potensi konflik tersebut tidak menjadi konflik yang lebih riil,” kata Chairul dalam penjelasannya.


    Files Download :

Related Posts