Jumat, 26 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemendagri Sosialisasikan Penegakan UU Ormas Ke Daerah

  • “Saya kira itu hal yang sangat penting, kami ingin memastikan organisasi masyarakat di daerah pun mengetahui tentang aturan-aturan dalam UU Ormas itu,” kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi setelah pertemuan dengan para Gubernur di Jakarta, Senin [09/12] malam.

    Gamawan mengaku dirinya menyadari tantangan yang kini dihadapi, salah satunya adalah belum baiknya penyebarluasan informasi secara menyeluruh mengenai pasal-pasal yang terdapat dalam UU Ormas. Sosialisasi UU Ormas yang telah disahkan July lalu, kini mendapat tantangan untuk ditindaklanjuti terus menerus, terutama bagi ormas-ormas di daerah. “Sejak kemarin, kami juga melakukan sosialisasi soal UU Ormas ini dan beberapa hal lainnya seperti Kependudukan Sipil,” kata Gamawan.

    Sebelumnya, menurut Gamawan, Kemendagri juga telah mengumpulkan seluruh pimpinan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di seluruh Indonesia.

    “Hal ini juga, jika ada ormas yang tidak sesuai dalam bersikap, pemerintah daerah dapat menindak sesuai UU,” ujar dia.

    Gamawan mengingatkan kepada para Gubernur untuk tegas menindak ormas yang melanggar peraturan dalam UU Ormas tersebut, terkait juga soal pendanaan ormas yang harus jelas terang benderang.

    Peraturan mengenai pendanaan ormas diatur pada pasal 12 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas), yang juga menjadi salah satu persyaratan pendirian ormas yang berbadan hukum perkumpulan.

    Selain UU Ormas, Kemendagri juga melakukan sosialisasi, di antaranya, mengenai sistem akutansi dengan basis pelaksanaan baru, dan meninggalkan sistem kas. Kemudian sosialisasi mengenai peraturan tata ruang, dan juga perubahan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Adminduk).


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    UU Ormas Baru Mulai Disebarluaskan

    ORGANISASI massa ternyata sangat menarik untuk dibicarakan. Dan hari ini (30/11/2013) Direktorat Jendral Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)…
  • sample9

    Hari Ini Sosialisasi UU Ormas di Aceh

    JAKARTA - Hari ini, tim dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemendagri, mengadakan sosialisasi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, di Aceh.