Selasa, 26 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kesbangpol Harus Mampu Mendeteksi Dini Potensi Konflik

  • Kemajemukan bangsa Indonesia, merupakan sebuah kekayaan, namun hal itu juga berpotensi untuk dipecah belah oleh oknum-oknum tertentu, yang berupaya menghidupkan konflik horizontal. Berkaitan dengan hal tersebut, jajaran Kesbangpol di daerah-daerah dituntut harus mampu mendeteksi dini potensi konflik.     

    "Kesbangpol dituntut harus mampu mendeteksi potensi konflik horizontal yang memanfaatkan perbedaan etnis, agama dan sebagainya. Kalau ini bisa dideteksi secara dini, dan sudah terjalin koordinasi dengan baik dengan aparat terkait, saya yakin konflik dapat dicegah," kata Mendagri H Gamawan Fauzi, saat membuka Rakornas Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Hotel Grand Sahid, Jumat (6/12) siang.

    Menurutnya, menjelang Pemilu 2014, kerja Kesbangpol dituntut lebih prima, karena peningkatan suhu politik terjadi. Namun demikian, Mendagri tetap mengingatkan agar jajaran Kesbangpol tidak melebihi kewenangan yang dimilikinya, karena hal itu akan membuat pemerintah melalui Kesbangpol ingin mengintervensi berbagai segi kehidupan.    

    Menurut Dirjen Kesbangpol Kemendagri Achmad Tanribali Lamo Rakornas diselenggarakan dalam rangka evaluasi dan pemantapan rencana tindak berbagai kebijakan Kesbangpol yang telah dilaksanakan sampai 2013, dan dalam rangka mendukung terciptanya stabilitas politik menyongsong Pemilu 2014.

    "Dalam menyongsong Pemilu 2014 jajaran Kesbangpol provinsi, kabupaten dan kota agar aktif mengantisipasi, meredam serta meminimalisir konflik di daerah, dengan lebih mengintensifkan koordinasi dengan aparat terkait," papar Tanribali.


    Files Download :

Related Posts