Selasa, 17 Juli 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Batas Perbaikan DPT, Hingga 2 Minggu Sebelum 'Nyoblos'

  • KOMISI Pemilihan Umum (KPU) semalam adakan rapat pleno terbuka untuk penyempurnaan rekapitulasi nasional Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014.

    Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, bahwa untuk pembersihan DPT dari sisa 3,3 juta pemilih, maka pihaknya mendapatkan rekomendasi untuk tetap melakukan perbaikan itu

    "Jadi sebelum pencoblosan, semuanya sudah beres," kata Husni di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (4/12/2013) malam.

    Dalam rapat itu, KPU telah menemukan perkembangan proses penyempurnaan, dalam mendudukkan kerangka perbaikan rekapitulasi nasional DPT.

    Rekomendasi Bawaslu itu katanya menjadi peta jalan atau aturan bagi KPU untuk melakukan perbaikan sampai batas waktu yang telah menjadi ketetapan bersama.

    Oleh karena itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan akan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan sampai 14 hari menjelang waktu pencoblosan legislatif.

    Hal ini tentu menjadi kewenangan Bawaslu sifatnya sudah final dan mengikat berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilu.

    Ketua Bawaslu, Muhammad tetap berupaya terus menerus lakukan pembersihan paling lambat 14 hari sebelum tanggal 9 April 2014.

    Sebelumnya, Bawaslu merekomendasikan kepada KPU untuk tetap memperbaiki data pemilih sebelum pemilu legislatif pada 9 April mendatang.

    Perbaikan tersebut meliputi sisa DPT sebanyak 3.327.302. Jumlah itu termasuk untuk DPT yang sudah diberikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) maupun 54.692 pemilih invalid atau belum dibubuhkan NIK oleh Kemendagri.

    Sebenarnya belum tuntasnya perbaikan DPT ini membuat para pemimpin partai akan mengundurkan diri dari peserta pemilu.


    Files Download :

Related Posts