Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Apatisme politik melonjak di Pemilu 2014

  • Guru Besar Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) Warsito Utomo mengungkapkan, keikutsertaan masyarakat dalam pesta demokrasi 2014 mendatang, diperkirakan masih saja rendah, yakni di bawah 80 persen.

    Bahkan bila dianalisa dari dasar lokasi daerah, pemilih pada pemilihan umum (pemilu) mendatang, hanya mencapai 60-70 persen.

    "Kemungkinan terjadi apatisme politik di dalam masyarakat masih ada. Dan politik uang pun masih saja akan terjadi bila para tokoh politik masih memainkan uang bukan idenya," kata Warsito di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Yogyakarta, Kamis (28/11/2013).

    "Padahal selama kehidupan perekonomian masyarakat masih lemah dan di bawah kemiskinan, pengaruh permainan politik uang masih jadi alat untuk mempengaruhi penyelenggaraan pemilu," imbuhnya.

    Menurut Warsito, saat ini perlu dipikirkan isu strategis yang bisa dikembangkan di luar perencanaan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan penghidupan masyarakat. 

    "Selain itu, dibutuhkan law enforcement yang kuat dan tidak pandang bulu, jika ditemukan permainan penggunaan uang atau materi dalam pelaksanaan pemilu," imbuhnya.

    Sementara itu, Rektor UKDW Djohan mengungkapkan, Perguruan Tinggi (PT) bukanlah lahan politik praktis. PT harus mampu berperan sebagai institusi yang mendekatkan perjumpaan mahasiswa dengan politik, melalui kegiatan kepemimpinan dan pengabdian kepada masyarakat.

    "Integrasi antara konsep dan praktik kepemimpinan yang dipelajari mahasiswa akan digunakan sebagai dasar dan pengalaman bagi mahasiswa untuk mengembangkan peran dan partisipasinya dalam berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat, baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan kegiatan politik," pungkasnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…