Sabtu, 23 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Yakin, Pemilu 2014 Alami Delegitimasi

  • Hasil Pemilu legilslatif (Pilleg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 diprediksi akan mengalami delegitimasi. Secara legalitas, hasil Pemilu tersebut tetap sah sebagai sebuah proses demokrasi. Tapi pemerintahan yang dihasilkan akan kesulitan dalam menjalankan programnya karena tidak punya legitimasi yang kuat.

    Hal tersebut dikatakan pakar komunikasi politik dari Universitas Mercu Buana (UMB), Herry Budianto, saat Diskusi Empat Pilar bertema "Tahun Politik dan Potensi Konflik Jelang Pemilu 2014", di gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (25/11).

    "Berangkat dari kecenderungan turunnya partisipasi publik dalam Pemilukada yang berlangsung tiga tahun belakangan, akan berpengaruh pula terhadap Pemilu 2014 mendatang. Saya memperkirakan, angka partisipasi publik dalam Pemilu mendatang tidak akan lebih dari 50 persen. Artinya akan terjadi delegitimasi terhadap hasil Pemilu," kata Herry Budianto.

    Menurut dia, fenomena turunnya partisipasi publik dalam Pemilu, termasuk salah satu ancaman serius terhadap Pemilu dan demokrasi. Pihak yang paling bertanggung jawab terhadap fenomena itu itu adalah partai politik peserta Pemilu. "Hal ini yang sama sekali tidak dipikirkan oleh elit partai politik," tegasnya.

    Elit partai politik menurut Herry, beberapa bulan belakangan terlalu sibuk menjual nomor jadi Caleg ke pihak nonkadernya karena ingin mendapatkan dana sehingga kadernya sendiri terdepak. "inilah juga salah satu potensi konflik karena nantinya akan terjadi proses pembusukkan dari internal partai," ungkapnya.

    Sementara elit yang sudah menjual nomor Caleg tersebut bersama duit yang dia dapat tenang-tenang saja di Jakarta. Di sisi lain, daerah memanas, imbuhnya.


    sumber : jpnn.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…