Rabu, 20 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

10 Daerah Rawan Konflik Saat Pemilu 2014

  • Mabes Polri memetakan 10 daerah yang berpotensi rusuh saat pemilu 2014 mendatang. Kesepuluh daerah itu, yakni Papua, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    Menurut Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Komjen Pol.  Badroddin Haiti, partai politik (parpol) menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya konflik dalam Pemilu 2014. 

    "Dari parpol, bisa internal maupun antar parpol. Caleg-caleg yang berkompetisi di daerahnya juga bisa menjadi faktor penyebab kerawanan," ungkap Badroddin Haiti di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/11/2013).

    Tak hanya parpol, Badrodin mengaku, kerawanan konflik dalam penyelenggaraan pemilu juga dipengaruhi oleh faktor geografis dan infrastruktur. "Kalau Papua jelas sangat kompleks, dari segi keamanannya juga," tegasnya.

    Namun, Badrodin sudah memiliki pola khusus untuk mengantisipasi konflik di daerah rawan tersebut. Pihaknya juga telah menetapkan level kerawanan di tiap daerah.  "Kalau misalnya daerah tersebut aman, itu dua sampai tiga TPS bisa satu polisi. Tapi kalau rawan tingkat satu, itu satu TPS satu polisi, 2 Keamanan Rakyat (Kamra). Kalau rawan tingkat dua itu, satu TPS dua Polisi, dua Keamanan Rakyat," paparnya.

    Dia pun meminta bantuan berbagai pihak terkait guna menyelesaikan persoalan pemilu yang bisa dipicu oleh ketiga faktor tadi. "Perlu keterlibatan aktif berbagai pihak termasuk masyarakat untuk menciptakan pesta demokrasi yang kondusif," pungkasnya. 


    sumber : okezone.com


    Files Download :

Related Posts