Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Tokoh Muda Berpeluang Menang Pilpres 2014

  • Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin memperkirakan tokoh muda akan lebih berpeluang untuk memenangi Pemilu Presiden 2014.

    "Tokoh muda masih lebih segar dan catatan negatif dalam rekam jejaknya masih minim," kata Tubagus Hasanuddin pada diskusi "Dialog Pilar Negara: Menyoal Rekrutmen Ideal Pemimpin Nasional" di Gedung MPR/DPR/DPD RI Jakarta, Senin (18/11).

    Pembicara lainnya pada diskusi tersebut adalah Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y Thohari dan pimpinan Ormas Isman Nahdlatul Ulama KH Solahuddin Wahid.

    Menurut Tubagus Hasanuddin, tokoh-tokoh muda tersebut belum muncul dalam bursa calon presiden saat ini tapi baru akan muncul pada 2014.

    Ia menilai tokoh-tokoh yang sudah muncul dan meramaikan bursa calon presiden saat ini justru akan mengalami antiklimaks karena masyarakat sudah jenuh.

    "Tokoh-tokoh dalam bursa capres yang banyak melakukan pencitraan tapi minim melakukan karya nyata di tengah masyarakat, akan membuat masyarakat jadi jenuh," katanya.

    Pada kesempatan tersebut, Hasanuddin juga menilai tokoh-tokoh senior yang sudah tampil pada beberapa kali pemilu presiden peluangnya lebih kecil untuk memenangi Pemilu Presiden 2014 karena masyarakat sudah jenuh.

    Mantan Sekretaris Militer pada Pemerintahan Presiden Megawati ini juga mengingatkan tokoh-tokoh senior tersebut untuk melakukan koreksi diri karena sulit untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya.

    "Jangan sampai nantinya hanya membuang-buang uang karena tidak terpilih," katanya.

    Sementara itu, Hajriyanto Y Thohari mengatakan, dinamika politik nasional dalam menghadapi pemilu legislatif dan pemilu presiden sangat dinamis.

    Menurut dia, ada tokoh senior yang intensif melakukan publikasi tapi elektabilitasnya sulit naik. Ada juga tokoh muda yang elektabilitasnya cepat naik, bahkan jauh melampaui tokoh senior yang intensif melakukan publikasi.

    Namun pada 2014, peta politiknya tentu akan berubah lagi. "Tokoh yang sudah populer saat ini belum tenhtu masih populer. Sebaliknya, tokoh yang belum muncul saat ini bisa saja lebih populer nanti," katanya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…