Minggu, 24 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kapolri Mulai Petakan Potensi Konflik Pemilu 2014

  • Kapolri Jenderal Polisi Sutarman menyadari masih banyak permasalahan dalam tahapan Pemilu 2014. Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pengamanan dalam persiapan Pemilu 2014.

    "Masih ada beberapa permasalahan yang itu juga bagian yang harus kita kawal. Sehingga tahapan kampanye seluruhnya harus kita amankan. Dan momentum tahun ini dan tahun depan bukan hanya pemilihan DPR, DPD, dan DPRD tapi juga kepala negara," kata Sutarman di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/11/2013).

    Ia menambahkan, pengawalan proses regenerasi kepemimpinan nasional menjadi tanggungjawab bersama, dan dimulai dari seluruh komponen masyarakat agar berperan aktif demi mewujudkan pembangunan nasional.

    "Kita saat ini sudah tahapan pemilu. Kemarin sudah ada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), masih ada beberapa permasalahan yang itu juga bagian yang harus kita kawal," ungkap dia.

    Sutarman menegaskan, saat ini pihaknya sedang berusaha memetakan konflik guna mengidentifikasi permasalahan dalam penyelenggaraan pemilu. Konflik itu biasanya didahului permasalahan sebelumnya, seperti kisruh pilkada, pertambangan, perkebunan, sengketa lahan, dan masalah lain.

    "Sehingga kita harus menyentuh akar masalahnya. Agar masalah ini tidak menjadi konflik," papar Sutarman.

    Namun, Sutarman menyatakan, Polri siap mengamankan bila terjadi konflik dalam penyelenggaraan pesta demokrasi tersebut. Jika memang sudah menjadi konflik, kemampuan dari Dalmas dan Babinkamtibmas harus ditingkatkan kepiawaian untuk meminimalisir bentrokan, dan ke depannya Polri bisa menyelesaikan masalah tanpa tindakan anarkis.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…