Selasa, 26 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Media Berperan Besar Dorong Pemilih Suarakan Haknya dalam Pemilu

  • Peran media begitu besar meningkatkan partisipasi pemilih untuk memberikan hak politiknya dalam Pemilu Legislatif dan Presiden pada 2014. Hal ini tak terlepas dari peran media sebagai penyambung informasi publik.

    "Beberapa penelitian menunjukkan, pemberitaan media memunculkan perspektif kepada masyarakat," ujar Ketua Masyarakat Pemantau Pemilu, Agus Sudibyo dalam media gathering bersama Bawaslu di Cisarua, Bogor, Minggu (13/11/2013).

    Kendati begitu, lanjut Agus, ada dilema yang dialami media. Pertama, perannya sebagai pengawas mau tidak mau memonitor bagaimana proses penyelenggaraan pemilu selama ini. Selama penyelenggaraan berlangsung tidak baik, maka akan diberitakan.

    Sikap kritis terhadap proses penyelenggaraan pemilu yang buruk dan terus menerus diberitakan secara berulang kepada publik, dengan sendirinya menciptakan kepercayaan masyarakat semakin pesimis untuk optimis mengikuti pemilu.

    "Maka, kalau persiapannya acak kadut bagaimana masyarakat didorong berpartisipasi dalam pemilu," tambah Agus.

    Namun, di sisi lain, media juga harus berperan memberikan informasi dan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses penyelenggaraan pemilu. Salah satunya memastikan warga negara mengecek namanya sebagai pemilih.

    "Di sini lah seharusnya pers membantu KPU dan Bawaslu menjaga partisipasi masyarakat. 
    Jangan sampai, tanpa sengaja, media semakin mengintensifkan konflik," terang Agus yang juga pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…