Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemendagri Harus Jaga Keharmonisan Ormas

  • Pemuda Pancasila (PP) berpendapat tanpa harus diminta, sebuah ormas memang harus menjadi mitra pemerintah dan juga mitra masyarakat. Terlebih merunut AD/ART yang dimiliki masing-masing ormas tentu mempunyai tujuan yang terbaik untuk kebaikan bangsa.
     
    "Jadi kalau Mendagri sampai menginstruksikan, mengingatkan kepada kepala daerah untuk bekerjasama dengan ormas, pertanyaannya apakah memang tidak pernah bekerjasama ormas-ormas itu," tegas Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP) Japto Soejosoemarno, saat menutup diklat ormas PP di Jakarta.
     
    Apalagi, menurut Japto, apabila ormas-ormas tersebut terdaftar secara resmi dan mempunyai AD/ART yang jelas maka Pemda pun memberikan alokasi dana kepada mereka untuk menjalankan aktivitas organisasinya.
     
    "Nah, kalau pemdanya saja memberikan sumbangan (uang kegiatan operasional) ormas tersebut, sedang dia tidak tahu kegiatannya apa kan lucu. Berarti penggunaan uang itu tidak jelas," tambah Japto.
     
    Menurut Japto, PP sendiri merupakan ormas yang kerap bekerjasama dengan Pemda baik dalam bentuk bakti sosial maupun pelatihan dan dukungan keamanan. "Karena PP itu disetiap tingkatan kita kerjasama dalam kegiatan sosial, kerjabakti, atau pelatihan pengkaderan bela bangsa,” tegasnya.
     
    Terkait persoalan FPI yang disebut dalam pidato Mendagri kemarin, kata dia, sebaiknya tidak perlu diperuncing lebih jauh. Karena menurut Japto perhatian Kemendagri seharusnya adalah menjaga keharmonisan antar ormas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. "Kita menjadi ormas karena ingin fokus pada permasalahan kebangsaan nasional, ideologi politik, hukum dan pertahanan keamanan," jelasnya.
     
    Sementara itu Sekretaris Jenderal Kesbangpol Kemendagri Indro Baskoro mengatakan undang-undang ormas yang banyak dikritik oleh ormas sebetulnya diutamakan untuk kepentingan ormas itu sendiri. “Agar kegiatannya sesuai koridor dan tidak menyalahi aturan," kata dia.
     
    Dia menambahkan salah satu fungsi dari ormas adalah untuk membantu pemerintah membangun bangsa. Dengan hal tersebut maka pemerintah pun memberikan anggaran kepada ormas yang memang betul-betul berkontribusi untuk masyarakatnya. "Jadi jangan hanya mengajukan proposal, begitu diluluskan tapi tidak ada kegiatannya," pungkasnya.


    sumber : okezone.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…