Sabtu, 20 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Paripurna DPR Gantung Nasib RUU Pilpres

  • Pengambilan keputusan untuk persetujuan penarikan RUU Pilpres dari daftar program legislasi nasional (Prolegnas) 2013 ditunda. Keputusan terhadap laporan Badan Legislasi ini akan dilakukan pada sidang paripurna berikutnya.

    "Ditarik tidaknya RUU Pilpres dari Prolegnas akan diputuskan dalam paripurna terdekat," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang memimpin sidang paripurna, Selasa (21/10/2013).

    Penundaan dilakukan karena tidak ada kesepakatan anggota dewan. Dalam paripurna sejumlah anggota fraksi melakukan interupsi.

    "Kami PKS menolak untuk penghentian dan pencabutan RUU Pilpres di Prolegnas," kata Indra anggota Fraksi PKS.

    Menurut dia, aturan Pilpres perlu dilakukan penyesuaian. "Apabila tidak ada penyesuaian kami khawatir Pemilu akan bermasalah," ujarnya.

    Dalam laporannya, Wakil Ketua Badan Legislasi Anna Muawanah menyampaikan laporan penarikan 2 RUU dalam Prolegnas 2013 yakni RUU tentang perubahan atas UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pilpres dan RUU tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal.

    Baleg memaparkan keputusan rapat pleno 3 Oktober menarik draf RUU Pilpres dari Prolegnas disertai catatan yakni Fraksi PPP dan Hanura tetap meminta pembahasan dilanjutkan dan tidak ikut dlam pengambilan keputusan.

    Sedangkan Fraksi PKS dan Gerindra tidak menyetujui keputusan untuk menghentikan pembahasan penyusunan draf RUU Pilpres. Sementara 5 fraksi lainnya yakni Demokrat, Golkar, PDIP, PAN dan PKB tidak melanjutkan pembahasan penyusunan draf RUU 42/2008 tentang Pilpres.


    sumber : detik.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    RUU Pilpres Dihentikan Karena PT

    Anggota Baleg Fraksi PDI Perjuangan, Arif Wibowo menjelaskan, pembahasan revisi UU Pilpres menjadi kontraproduktif karena fraksi bersikukuh pada persoalan mempertahankan atau menurunkan angka presidential thereshold. "Yang tidak produktif itu thereshold.…
  • sample9

    Baleg resmi hentikan pembahasan revisi UU Pilpres

    Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyepakati untuk menghentikan pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden (Pilpres).Dengan demikian, untuk pilpres yang akan datang tetap menggunakan UU Pilpres…
  • sample9

    Revisi UU Pilpres Resmi Dibatalkan

    Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat memutuskan untuk menghentikan rencana revisi Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Menurut Ketua Badan Legislasi, Ignatius Mulyono, keputusan ini akan…
  • sample9

    RUU Pilpres Diputus 3 Oktober

    Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil lobi antarfraksi terkait menyepakati nasib revisi UU 42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden akan diputuskan Kamis (3/10) dan dilakukan di tingkat Badan Legislasi.…