Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Pemilu 2014, pemilu yang krusial

  • Pakar hukum tata negara dari Universitas Andalas, Saldi Isra, menilai bahwa pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang adalah pemilu yang paling krusial. Hal tersebut dikarenakan para politikus senior akan memanfaatkan segala momentum untuk memerebutkan panggung kekuasaan di mata rakyat.

    "Pemilu 2014 adalah pemilu yang paling krusial. Karena ini momentum terakhir politikus senior berebut panggung kekuasaan," tegas Saldi dalam acara seminar Sespimti dengan tema 'Kepemimpinan Nasional dan Keamanan Dalam Negeri', Jakarta Pusat, Senin (21/10/2013).

    Selain itu, Saldi mengatakan krusialnya Pemilu 2014 akan ditandai dengan adanya perilaku para politikus, khususnya para pejabat pemerintah pusat yang turun langsung ke masyarakat untuk mencari dukungan.

    "Tahapan pemilu kita, belum masuk tahapan yang rawan. Tahapan krusial kita akan masuk dalam tahapan yang rawan jika para pelaku politik dan calon legislatif harus turun ke masyarakat secara langsung," pungkas Saldi.

    Untuk itu, Saldi berharap agar institusi Polri tetap berada di garis netralnya, dan tidak ikut serta untuk mendukung salah satu kandidat pasangan capres atau cawapres yang akan bertarung di Pemilu 2014.

    "Yang saya khawatirkan adalah institusi Polri di Pemilu 2014 nanti, semoga Polri tetap dapat menunjukkan netralitasnya," tegas Saldi.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…