Senin, 25 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Pemilu Diperkirakan Transaksional, Ini Pembelaan KPU

  • Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik mengatakan, telah melakukan upaya menyiasati semakin tingginya politik transaksional. Antara lain dengan mengupayakan laporan pendanaan peserta pemilu. Tidak hanya partai politik tetapi juga peserta perseorangan.

    "Kami tetapkan caleg buat laporan pendanaan kampanye. Ini terobosan, tapi belum terlalu kuat, tapi cantolannya, tapi ini upaya preventif yang kami bangun dalam pendanaan politik," kata Husni, Senin (7/10).

    KPU juga mengupayakan kampanye murah dengan membatasi penggunaan atribut kampanye bagi parpol dan caleg. 

    Ketua Bawaslu, Muhammad mengatakan, pengawasan untuk meminimalisasi kecurangan pemilu sebenarnya telah dilakukan sejak lama. 

    "Kami tidak bisa garansi, penyelenggara netral. Selama berada di pusaran kekuasaaan, kesempatan untuk penyelewengan terus terbuka," ujarnya. 

    Sebelumnya, Mahfud MD menilai, pemilu di semua tingkatan di Indonesia gagal melahirkan pemimpin yang baik. Dominasi politik transaksional tidak hanya melahirkan pemimpin yang tidak baik, tetapi juga pemilih yang berprilaku tidak baik.

    "Ternyata pemilu tidak menghasilkan pemimpin yang baik, yang mampu memberantas korupsi di lingkungannya, atau mammpu bebas dari tindak pidana korupsi. Pak Gamawan (Mendagri) mengatakan lebih dari 50 persen atau 287 kepala daerah terlibat tindak pidana," kata Mahfud.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…