Rabu, 20 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Minta Pemilu Mendatang Dapat Berjalan Kondusif

  • Medan, Seruu.com - Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi meminta agar pelaksanaan Pemilu 2014 mendatang dapat berjalan efektif dan tidak ada insiden apapun sepanjang pelaksanaan Pemilu.

    "Kita harap jangan ada insiden terjadi dalam pemilu mendatang," ujar Gamawan saat membuka Rakornas Pemilu 2014, di Hotel Grand Aston, Medan, Kamis (5/9/2013)

    Gamawan menambahkan, agar pemilu mendatang dapat terhindar dari insiden-insiden dimaksud, seluruh aparatur Negara diminta untuk dapat mensosialisasikannya kepada masyarakat. Sehingga penyelenggaraan pemilu nantinya dapat berjalan tertib, aman, efisien dan menelurkan pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas.

    "Jika sukses, kita menempatkan diri sebagai negara besar yang mampu menyelenggarakan demokrasi dengan baik," katanya.

    Gamawan juga menuturkan, menambahkan bahwa pemerintah daerah berkewajiban untuk membantu penyediaan fasilitas penunjang penyelenggaraan pemilu 2014.

    Fasilitas tersebut dapat berupa peran serta linmas dalam menjaga setiap TPS, pengaturan lokasi alat praga kampanye, serta pendistribusian dan pengamanan kelengkapan suara.

    Sementara itu, Dirjen Kesatuan Bangsa dan Politik Kemendagri Tanribali Lamo mengatakan, Rakornas di Medan merupakan pertemuan kedua setelah regional Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara pada 25-27 Agustus di Jakarta.
     
    Jika dilihat dari kuantitas, peserta rakornas regional Sumatera lebih banyak karena melibatkan seluruh kepala dinas kependudukan se-Sumatera, camat di Kota Medan, dan pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB).
     
    "Kami laporkan rakornas hari ini lebih banyak dari rakornas di Jakarta yang berjumlah 750 orang. Sedangkan saat ini ada 825 orang karena melibatkan  pejabat eselon II Pemrov, kabupaten dan kota juga Camat Se-kota Medan," sebut Tanribali Lamo.
     
    Tanribali menerangkan setelah Rakornas II yang dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara ini, Kemendagri juga akan kembali menyelenggarakan Rakornas ke-III untuk regional Kalimantan, Sulawesi, dan Papua pada awal Oktober yang kemungkinan akan dilaksanakan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

    " Rakornas Pemilu merupakan agenda untuk menyamakan persepsi seluruh pemangku kepentingan dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2014 mendatang," imbuhnya.


    sumber :seruu.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…