Minggu, 17 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Koalisi Parpol Idealnya Sebelum Pemilu?

  • REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Koalisi partai politik idealnya dilakukan sebelum pemilihan umum anggota DPR, DPRD, dan DPD, bukan menjelang pemilihan presiden.

    "Koalisi parpol pascapemilihan legislatif cenderung merupakan mutilasi demokrasi," kata Pengamat politik dari Universitas Indonesia Mulyana W Kusumah dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (23/9).

    Ia menilai kecenderungan politik oportunistik dan transaksional konspiratif lebih terbuka bila koalisi parpol mengusung calon presiden dan wakil presiden dilaksanakan pascapemilihan legistatif.

    Koalisi  pasca pemilihan legislatif, imbuhnya berpotensi memanipulasi rakyat dalam menentukan pilihan politik dalam pemilihan presiden dengan kesadaran palsu, tanpa memahami agenda politik koalisi parpol. "Jadi lebih sebagai keterpaksaan," kata Direktur Eksekutif Seven Strategic Studies (7SS) tersebut.

    Mulyana mengatakan konstitusionalitas koalisi parpol sebelum pemilihan legislatif didasarkan pada Pasal 6A Ayat (2) UUD 1945 yang mengamanatkan bahwa calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh parpol atau gabungan parpol peserta pemilu sebelum pelaksanaan pemilihan umum.

    "Interpretasi pasal UUD 1945 tersebut dapat dipertegas dalam Revisi UU Nomor 42/2008 tentang Pilpres," kata mantan komisioner KPU itu.

    Ia pun menyebut koalisi parpol sebelum pemilu sudah lama dijalankan sebagai pelaksanaan demokrasi di berbagai negara, antara lain Barisan Nasional (Malaysia),? Syriza (koalisi kiri radikal Yunani), Drugaya Rossiya (The Other Russia, Rusia ), India, dan Polandia dengan fungsi utama pengerahan sumber daya politik berbasis elektoral lebih luas.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Penting, Keberadaan Politisi Muda dalam Parpol

    Keberadaan politisi muda dalam partai politik (parpol) dinilai penting. Pasalnya, parpol membutuhkan regenerasi kader agar eksistensi politik tetap terjaga. "Tentu keberadaan politisi muda dalam suatu partai politik itu sangat penting.…
  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…
  • sample9

    Ini batasan sumbangan dana kampanye parpol

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat batasan kepada calon penyumbang partai politik (parpol) untuk pembiayaan pada Pemilu 2014 mendatang. KPU membatasi bagi penyumbang parpol dengan batasan minimal Rp1 miliar untuk…
  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…
  • sample9

    Program Parpol Harus Pro Masyarakat

    Dengan sistem proporsional terbuka, partai politik peserta pemilu harus memiliki program yang berpihak kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat lebih pragmatis terhadap dunia perpolitikan.