Jumat, 22 Juni 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Dana Banpol Rp 500 juta di Pemkot Mojokerto nganggur

  • LENSAINDONESIA.COM: Hingga memasuki akhir tahun ini hanya ada satu partai politik (Parpol) yang mencairkan dana bantuan politik (Banpol) di Kota Mojokerto. Satu parpol itu yakni PKB. Pemilik tiga kursi di legislatif ini mendapatkan banpol sebanyak Rp 53.611.008 atau setara dengan 6.688 suara. Jika hingga akhir tahun parpol tak mengajukan pencairan dana banpol maka dana banpol terancam hangus.

    Menurut Kasubid Politik Bakesbanglinmas Pemkot Mojokerto, Bambang Hariyono, ada 11 parpol yang berhak menerima banpol, namun hingga kini hanya ada satu parpol yang menerima. Sedangkan ada dua parpol yang pengajuannya sedang dalam proses verifikasi yakni PKPI dan Partai Demokrat. “Ada sembilan parpol yang belum mengajukan,” jelasnya.

    Lebih lanjut Bambang mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat kepada pengurus parpol agar segera mengajukan pencairan dana parpol. “Mungkin pengurus parpol sibuk Pilwali kemarin. Setelah ini kita surati yang kedua kalinya,” ujarnya.

    Bambang menerangkan, parpol dengan banpol tertinggi yakni PAN sebanyak Rp 100.159.920 atau lima kursi legislatif. Pada tahun ini anggaran banpol mencapai Rp 500 juta. “Perhitungannya satu suara dikalikan Rp 8.016,” jelasnya.

    Sedangkan untuk peruntukan dana banpol, jelas Bambang, digunakan untuk pendidikan politik sebanyak 60 persen dan 40 persen untuk sekertariat. Hal itu sesuai acuan Permendagri 26 tahun 2013 perubahan atas aturan mendagri nomor 24 tahun 2009 tata cara penghitungan, pengajuan, penyaluran dana bantuan parpol. “Peruntukannya untuk pendidikan politik yang paling dominan,” pungkasnya.


    Files Download :

Related Posts