Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

SBY ke Aceh, Polemik Bendera Mirip Lambang GAM Belum Usai

  • VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi Aceh, Kamis 19 September 2013. Presiden menerima penghargaan Doktor Honoris Causa, DR (HC) dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan membuka Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-6.

    Meski Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi berharap masalah qanun atau peraturan daerah Aceh terkait bendera yang dianggap mirip lambang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dapat selesai sebelum SBY tiba, namun sayangnya hal itu tak dapat terwujud.

    "Qanunnya belum selesai," kata Gamawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu 18 September 2013.

    Menurut Gamawan, pembahasan RPP kewenangan Aceh dan qanun telah dibahas dan masih berjalan hingga 14 Oktober 2013 mendatang.

    "Yang PP itu kemarin sudah ada kemajuan lagi tentang tanah, mudah-mudahan dalam pembahasan berikutnya RPP sudah selesai, baru qanunnya. Kita masih ada waktu sampai 14 Oktober, perpanjangannya," ujar dia.

    SBY dapat gelar doktor

    Kedatangan Presiden SBY ke Aceh besok terkait pemberian gelar doktor HC dari Unsyiah karena ia dinilai berjasa dalam pewujudan perdamaian di negeri serambi Mekkah. Penghargaan itu akan diberikan kepada SBY pada Kamis malam, di gedung Academic Activity Centre (AAC), Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh.

    Kepala Penerangan Kodam Iskandar Muda, Kolonel ARH, Subagio Irianto menyebutkan, pada Jumat pagi, presiden akan membuka secara resmi Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 6, yang merupakan even pergelaran budaya Aceh yang digelar lima tahun sekali itu.  Pekan Kebudayaan Aceh ini dilangsungkan di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, pada 20-29 September 2013.

    “Setelah membuka PKA, presiden akan melaksanakan salat Jumat bersama rakyat Aceh sebelum bertolak kembali ke Jakarta,” kata Subagio.
     
    Untuk mengamankan kedatangan presiden, sedikitnya 2.500 prajurit TNI dan Polisi dikerahkan. Mereka bertugas untuk mengamankan lokasi-lokasi yang akan dikunjungi oleh kepala negara.

    Sejak dua hari terakhir, polisi dan TNI telah melakukan persiapan dengan mensterilkan lokasi kunjungan maupun melakukan gladi persiapan penjemputan dan pengawalan presiden selama berkunjung ke Banda Aceh.

    Sebelumnya, kedatangan Presiden Soesilo Bambang Yudhono juga dikabarkan akan mengukuhkan mantan Perdana Menteri Gerekan Aceh Merdeka (GAM) Malik Mahmud, sebagai Wali Nanggroe Aceh. Namun rencana itu batal.

    sumber : viva.co.id


    Files Download :

Related Posts

  • Badan Kesbangpol Bahas Pemetaan Konflik Aceh

    Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh membahas hasil studi yang dilakukan peneliti Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry tentang pemetaan jenis dan sumber konflik di Aceh. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Rasamala…
  • sample9

    Badan Kesbangpol Bahas Pemetaan Konflik Aceh

    Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh membahas hasil studi yang dilakukan peneliti Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry tentang pemetaan jenis dan sumber konflik di Aceh. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Rasamala…
  • sample9

    Hari Ini Sosialisasi UU Ormas di Aceh

    JAKARTA - Hari ini, tim dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemendagri, mengadakan sosialisasi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, di Aceh.
  • Hari Ini, Pemerintah Kembali Bahas Bendera Aceh

    Tim Bersama Klarifikasi Qanun Nomor 3 Tahun 2013 tentang Lambang Bendera Aceh akan kembali membahas evaluasi bendera Aceh pada hari ini, Jumat (4/10/2013). Pembahasan kembali dilakukan setelah lebih dari satu…