Jumat, 22 September 2017 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Pengamat: Caleg Perlu Dibekali Wawasan Kebangsaan

  • Pengamat politik dari Reform Institute Yudi Latief mengatakan, para calon anggota legislatif (caleg) perlu dibekali tentang wawasan kebangsaan dan dasar kenegaraan guna menghindari penyelewengan dalam proses legislasi.
    "Parpol punya kewajiban memberikan pendidikan politik, salah satunya tentang wawasan dasar kenegaraan. Saat mereka terpilih menjadi legislatif, mereka harus mendapatkan karantina untuk dibekali tentang hal-hal dasar menjadi wakil rakyat," katanya di Gedung Lemhannas, Jakarta, Rabu (19/6).
    Saat para caleg menjadi anggota legislatif nantinya, kata dia, mereka harus menyusun perundang-undangan yang rujukannya harus melihat dari konstitusi.
    "Konstitusi harus berdasarkan Pancasila. Ini penting sekali para caleg diberikan wawasan tentang Pancasila karena ketika akan membuat rancangan Undang-Undang, dalam pikiran mereka sudah ada nilai-nilai Pancasila, sehingga tidak ada RUU yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila," katanya.
    Sementara itu, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) mengajak kader-kader partai politik untuk mengikuti pendidikan atau kursus singkat tentang kebangsaan dan nasionalisme guna mencetak calon-calon wakil rakyat yang berkompeten dan berkualitas.
    "Silakan ketua partai politik mengirimkan kader-kadernya. Kriterianya adalah mereka yang mempunyai potensi besar untuk masuk ke DPR apakah di pusat maupun daerah," kata Gubernur Lemhannas Budi Susilo Soepandji.
    Budi menuturkan kegiatan tersebut rencananya akan dimulai pada akhir bulan Juli 2013. Untuk total peserta dalam satu angkatan, pihaknya masih mendiskusikannya apakah 100 atau 200 peserta.
    “Teknisnya, diharapkan tahun ini 800 sampai 1.000 orang, yang akan dipersiapkan," ujarnya. Budi menambahkan DPR telah menyetujui pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan anggaran. Dan anggaran tersebut sudah dapat dipakai mulai tahun 2013, dan 2014.
    "Ini adalah yang pertama kali, Lemhannas mengadakan pendidikan kebangsaan kepada partai politik," katanya.

     

    sumber : pelitaonline.com


    Files Download :

Related Posts

  • No Related posts.