Kamis, 19 Oktober 2017 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Seputar Kesbangpol » Rakortek Sinkronisasi Program dan Kegiatan Bidang Polpum dengan Badan/Kantor Kesbangpol Regional Barat Tahun 2017

Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum( Polpum) melalui Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Poitik dan Pemerintahan Umum (Setditjen Polpum) melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Rencana Kerja Pemerintah (RKP) melalui “Sinkronisasi Program dan Kegiatan Bidang Pembinaan Politik dan Pemerintahan umum dengan Badan/Kantor Kesbangpol Se-Sumatera”. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 11-13 April 2017 di Hotel Best Western Premiere Panbil, Batam (Kepri).

Andi Baso Indra P. S.STP, M.Si., Kasubbag Data Monitoring dan Evaluasi Bagian Perencanaan Setditjen Polpum, dalam laporan kegiatannya mengatakan maksud  dari kegiatan ini adalah dalam angka persiapan bahan-bahan masukan untuk menyusun RKP TA. 2018, sinkronisasi program dan kegiatan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk penyusunan RKP TA. 2018, Serta konsolidasi persiapan pelaksanaan tahun politik serta upaya menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah.

Andi Baso Indra menambahkan adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memfasilitasi dan memantapkan proses persiapan pelaksanaan program dan anggaran tahun 2017 dan persiapan penyusunan program dan kegiatan TA. 2018, serta memfasilitasi terpetakan dan terklasifikasikannya isu-isu strategis Tahun 2017 urusan pemerintahan umum, untuk dijadikan masukan RKP TA. 2018.

Didi Sudiana SE, MM. Plt. Sekretaris Ditjen Polpum, memberikan arahan sekaligus membuka acara mewakili Direktur Jenderal Polpum. Pelaksanaan Rakortek ini Dibagi menjadi 3 (tiga) Regional yaitu Barat, Tengah, dan Timur. Dan Kegiatan di Regional Barat dilaksanakan di Batam, Kepulauan Riau. 

Didi Sudiana mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai pemetaan dan bahan masukan RKP Tahun 2018 bidang politik dan pemerintahan umum, “Penyusunan RKP Tahun 2018 sangat strategis karena menjelang tahun 2019 adalah merupakan tahun politik, selain itu melihat perkembangan dunia dan situasi dalam negeri sekarang ini, maka perencanaan yang kita buat harus tepat dan benar termasuk asumsi dari segi sebab dan akibat,” ujar Didi Sudiana.

Didi Sudiana meneruskan, “Rencana yang kita susun harus mempertimbangkan semua aspek yang sangat menentukan keberhasilan program kita tahun depan. Dengan demikian perencanaan RKP Tahun 2018, APBN dan APBD Tahun 2018, harus di perisapkan secara matang ditengah dinamika politik yg ada saat ini,” tegas Didi Sudiana.

DR. Syafri Salisman, MM. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Riau, dalam sambutannya Syafri salisman mengatakan negara saat ini berada pada Era Globalisasi, dan negara mendukung hal ini dengan mempermudah investasi di Indonesia khususnya di daerah, akan tetapi  Syafri Salisman berharap agar aspek pertahanan keamanan jangan sampai di abaikan.

“Disatu sisi sekarang negara kita ingin membuka negara kita ini kedalam suatu sistem Globalisasi. Semuanya di permudah, semua usaha kita diakomodir, pemerintah daerah di wajibkan mengakomodir semua usaha , tapi tolong janganlah mengabaikan NKRI ini dari sudut pertahanan, keamanan negara. Karena tidak mungkin sesuatu itu bisa kita capai dalam kondisi negara tidak ada, dalam kondisi masyarakat  tidak mau dan dalam kondisi keamanan terganggu”. Jelas Syafri Salisman.

Syafri Salisman mengharapkan agar peraturan perundang-undangan Kementerian/Lembaga dapat di padukan agar dapat bersinergis dan tidak ego sentris. dikarenakan akan terjadi bias dalam pelaksanaannya di daerah khususnya yang berkaitan dengan Bidang politik dan pemerintahan umum, “Peraturan Perundang-undangan perlu di sinergiskan, jadi perangkat hukum kita satu padu dan dipakai oleh semua lembaga, tidak semua lembaga lagi mempunyai undang-undang tersendiri. Dan hal yang paling unik lagi kita sering membuat produk hukum untuk kepentingan sendiri bukan untuk kepentingan masyarakat”. Tegas Syafri Salisman.

Sebagai informasi kegiatan ini diikuti oleh unsur Kesbangpol Regional Barat yaitu Kesbangpol Provinsi Se-Sumatera, dan turut hadir Pejabat di lingkungan Ditjen Polpum. Adapun narasumber adalah Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas, Kaban kesbangpol Provinsi Kepri, Kepala Bagian Perencanaan Sesditjen Polpum, dan Bagian perundang-undangan Sesditjen Polpum.